Translate

Minggu, 17 Mei 2015

Kopdar Kedua Crafter Jaksel

Berawal dari obrolan di group whatsapp, kopdar kedua crafter Jaksel akhirnya berhasil dilaksanakan. Agenda utamanya bedah buku craft terutama bag making sekaligus sharing tentang FAQ (Frequently Ask Questions) dalam bag making. Agenda kedua WS bikin dompet genthong. Tapi ternyata yang kedua urung dilaksanakan karena sampai asar berkumandangpun sharing tentang tips n trik dalam pembuatan tas handmade rasanya belum tuntas.

Bukan sekedar teori dan menunjukkan bagaimana, tapi kopdar ini juga diwarnai praktek langsung. Itulah mengapa workshop Ayaran sengaja dipilih sebagai tempat kopdar. Jadi saat crafter ada yang bertanya bagaimana memasang rivet dan eyelet dengan handpress, bisa langsung dipraktekkan. Juga saat ada crafter yang tanya, kenapa hasil pemasangan rivetnya (paku centang) dan eyeletnya (mata sapi) jelek, emak Ayaran bisa langsung membandingkan matras miliknya dengan milik si penanya. Sehingga ketahuan dimana salahnya. Juga langsung dipraktekkan cara memasang rivet/eyelet yang benar.

Tak ketinggalan emak Ayaran dan jeng Vita kreatif membandingkan dua produk coating waterproof (beli dia dua olshop berbeda) pada dompet dan tas yang telah dicoating.

Nggak sekedar sharing tentang bag making terutama teknik dan peralatan-peralatan serta bahan, kopdar juga diselipi sharing dari mbak Dewi tentang teknik menjahit baju terutama lengan dan mukena saat break makan siang dan pagi saat baru beberapa orang yang datang.

Sebagai alumnus dari sebuah lembaga kursus menjahit busana terkenal, ilmu si mbak berguna sekali bagi crafter yang juga tertarik pada seni menjahit lain di luar tas. Dan pengetahuan mbak Fonza si fabric trader tentang berbagai macam bahan serta kecerdasannya melihat peluang-peluang bisnis di dunia tas handmade cukup memberikan pencerahan.

Meski yang datang kopdar kali ini tak sebanyak kopdar pertama, salah satunya terkendala long weekend dimana banyak member keluar kota, so far, semua puas dengan silaturahmi yang terjaga dan sharing ilmu serta pengalaman emak Ayaran dan member lainnya.

Kopdar selanjutnya diagendakan setelah hari Raya, sekalian halal bihalal dan akan diadakan WS bikin sesuatu. Tempat inshaaAllah di workshop Ayaran dan potluck dengan membawa-bagi makanan lagi. Dan pasti nya, akan tetap ada sharing pengetahuan dan pengalaman.

Catatan akhir:
Sebagai nyonya rumah, emak Ayaran berterima kasih sekali pada semua teman yang ikut membantu mencuci piring sendiri setelah makan (hihihi) dan merapikan workshop setelah 'dijarah' barang2nya. Terutama ke mbak Ana yang geulis.

Mari kita 'gandeng tangan', biar slow but sure. ^*^

Tanah Baru, 17/05/'15 20:58

   2015.05.17 - 19:44

2 komentar:

  1. wahhhh seru banget pastinya ya mbakk.. macem2 yg diobrolin. aku jg mau ikut belajarr.. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, kapan2 kita mau kopdaran lagi ya. Stay tune aja di group FB. InshaAllah akan ada woro2.

      Hapus